Tidak Terasa Telah 1 Dekade Berkarya, Inilah 10 Best Moments Afgan!

Share

Tau lagu ‘Sadis’?Yap, lagu yang iconic dan melekat dengan afgan ini ternyata udah 10 tahun lho dirilis! Dan selama 10 tahunlah Afgan telah berlayar menyusuri lika-liku Industri musik tanah air.

Penyanyi berwajah imut dengan nama lengkap Afgansyah Reza akhirnya mengupload nostalgia selama perjalanan karirnya di akun Instagramnya. Afgan merangkum best moments yang pernah dia rasakan selama 10 tahun berkarya di dunia musik, apa saja ya best moments afgan? Yuk kita lihat!

10. Menerima Penghargaan Artist of The Year di MTV Indonesia AWARD 2008

Waktu MTV Indonesia masih eksis, Afgan sempat mendapatkan dua penghargaan sekaligus di MTV Indonesia AWARD 2008! Yaitu untuk kategori Most Favorite Male untuk lagu andalannya yang berjudul Sadis dari album CONFESSION NO. 1, dan untuk kategori Best Artist Of The Year untuk lagu dari album yang sama dengan kategori sebelumnya. Afgan masih imut banget ya!

9. Mewakili Indonesia di Asia Song Festival, Korea

Di tahun 2014, Afgan berkesempatan mewakili Indonesia di acara Asia Song Festival yang diadakan di Asiad Main Stadium, Busan, Korea Selatan. Selain tampil dan menyanyikan lagu-lagunya, Afgan juga menjalin persahabatan dengan beberapa artis korea, seperti girlband Red Velvet dan salah satu anggota boyband Super Junior, Henry.

8. Konser Dari Hati di Jakarta

Jakarta menjadi kota pertama yang Afgan jadikan lokasi untuk mengadakan konser pertamanya yang bertajuk Konser Dari Hati yang diadakan bersama komposer Indonesia, Erwin Gutawa, pada tahun 2015. Tepat diadakan di Hari Kasih Sayang, Afgan bukan hanya berkolaborasi bersama Erwin, namun juga musisi Indonesia lainnya seperti Rossa, Sherina, dan DJ Dipha Barus. Tiket dari konser ini pun sukses terjual alias sold out, lho!

7. Konser Suara Hati di Malaysia

Di akhir tahun 2015, Afgan juga mengadakan konser di Malaysia, tepatnya di Plenary Hall Kuala Lumpur Convention Centre yang bertajuk Konser Suara Hati. Dengan penonton sebanyak kurang lebih 3000 orang, walaupun capek namun Afgan, yang membawa Rossa untuk bernyanyi bersama, tetap mengakhiri konsernya dengan, “I love you, Malaysia!” seperti yang ditulis oleh Detik.

6. Menjadi Juri X-Factor Indonesia


Sekitar bulan Maret di tahun 2015, Afgan juga berkesempatan untuk menjadi juri di salah satu ajang pencarian bakat, X-Factor Indonesia, bersama musisi lainnya seperti Bebi Romeo, Ahmad Dhani, dan Rossa.

Baca Juga: Serasa di Heaven! Afgan, Isyana dan Rendy Pandugo Berkolaborasi Di Single Teranyarnya!

5. Kolaborasi Impian


Berkolaborasi dengan dua penyanyi perempuan kondang Indonesia, Raisa dan Rossa, juga menjadi best moment Afgan. Berkolaborasi dengan Raisa, Afgan menghasilkan sebuah hit dengan judul Percayalah, dan juga menjadi bintang tamu di konser Raisa yang bertajuk Handmade Tour. Di tahun 2014 pun Afgan merilis lagu kolaborasinya bersama Rossa yang berjudul Kamu Yang Kutunggu, Afgan juga menjadi tamu di konser 21 tahun Rossa yang bertajuk The Journey of 21 Dazzling Years.

4. Penggemar dari Korea di Konser SIDES di Makassar

Di tahun 2016, Afgan mengadakan konser bertajuk SIDES yang diadakan di beberapa lokasi yang berbeda, Jakarta, Bandung, Medan, Balikpapan, dan satu kota yang paling berkesan adalah Makassar. Dikutip dari Gadis.co.id, konser ini diadakan pada 29 Oktober 2016 di Trans Studio Theme Park Makassar.

Selain adanya kehadiran kedua orangtua Afgan, berkolaborasi bersama Gita Gutawa menyanyikan lagu dengan judul Sempurna, kedatangan fans yang berasal dari Korea yang bernama Hong Han menjadi salah satu peristiwa yang berkesan untuk Afgan.

3. Duet Bersama David Foster

Sebuah kebanggaan di awal tahun 2016 Afgan juga berkesempatan untuk duet bersama seorang musisi, penulis lagu, produser rekaman, dan komposer asal Kanada, David Foster. Dalam konser dengan tajuk David Foster Up Close and Personal, Afgan menyanyikan lagunya dengan judul Bukan Cinta Biasa yang ternyata adalah lagu yang disukai David Foster.

2. Manggung Dengan Tujuan Terberat

Tidak semua tempat manggung mudah untuk dijangkau, dan Afgan tentunya pernah merasa kesulitan saat ingin menuju tempat manggung. Dari mulai macet selama 3 jam, harus naik ojek lalu tiba-tiba hujan, naik taksi dan sopirnya tak tahu jalan, hingga akhirnya sampai tujuan pun Afgan kembali terjebak macet dan harus naik ojek lagi. Sampai di venue ternyata ojek tidak boleh masuk sehingga Afgan harus berlarian ke panggung. Dedikasi yang patut diacungi jempol, ya!

1. Dukungan Menyentuh Fans Jogjakarta

Dipertengahan tahun 2017, sayangnya Afgan harus melewati peristiwa yang tidak mengenakkan di Prambanan Jazz Festival. Karena acara yang ngaret, Afgan hampir batal manggung, bahkan Afgan sempat naik ke atas panggung dan bernyanyi dengan sound system seadanya. Dikutip dari CNN Indonesia, di lagu ke-empat bahkan lampu panggung dimatikan, namun dengan bantuan penggemar Afgan yang menyalakan flashlight dari gadget mereka, Afgan pun mencoba memberikan yang terbaik untuk para penggemarnya.

Video pendek peringatan satu dekade berkarya ini diakhiri Afgan dengan tulisan DEKADE dan tanggal 21/2/18. Di tanggal itulah Afgan merilis album ke-limanya untuk merayakan satu dekadenya berkarya di dunia musik, album tersebut pun bertajuk DEKADE yang berisikan empat lagu baru dan tiga lagu lama dengan versi yang baru. album tersebut sudah bisa kamu dengarkan di beberapa layanan digital streaming loh! 


Semoga karya-karya Afgan selalu menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia ya! Yuk dengerin dulu preview album DEKADE-nya!

Album Preview

Listen DEKADE by Afgan On Spotify

Listen DEKADE by Afgan On iTunes

By Analuna Manullang

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share