Ari Renaldi, Si Jenius di Balik Lagu-Lagu Hits Musisi Kesayangan Kita!

Share

Ari Renaldi - Mousaik

Kota Bandung, kota kembang, kota yang melahirkan banyak musisi dan penyanyi jenius dan berbakat yang namanya kemudian dikenal oleh seluruh nusantara. Sebutlah Gigi, Project Pop, Yura Yunita, Isyana Sarasvati, atau Noah; tahukah anda bahwa mereka semua berasal dari daerah yang sama? Selain penyanyi atau musisi, kota Bandung juga diketahui telah berhasil menelurkan seorang produser musik hebat yaitu Ari Renaldi.

Pria pemilik nama panggilan Ari ‘Aru’ Renaldi ini pasti tidak asing lagi bagi kita para penikmat musik. Namun, jangan bingung, Ari memang bukan seorang musisi yang berkarir sendiri sebagai seorang penyanyi. Ari bekerja di balik layar produksi rentetan single serta album musisi-musisi hebat yang namanya kita kenal sekarang. Sebutlah Tulus, Mocca, Yura Yunita, dan masih banyak nama penyanyi lainnya.

A post shared by Ari Renaldi (@arirenaldi) on

Dalam jalur karir ini, Ari lebih sering berperan sebagai produser, arranger, dan penata musik atau peramu rekam dalam banyak album, seperti “Monokrom” dan “Gajah” milik Tulus, serta yang terbaru adalah self-titled album milik Hiroaki Kato yang belakangan juga tengah hits. Selain produser, Ari juga beberapa kali menjadi komposer untuk lagu-lagu milik Tulus seperti “Pamit” dan “Ruang Sendiri”. Bak bertangan dingin, hampir seluruh karya Ari kemudian menjadi hits di jagat musik nusantara.

Baca Juga: AriReda, Sesepuhnya Duo Indie Indonesia Sejak Tahun 1982! Bagaimana Mereka Survive?

Selain menghasilkan album dan lagu-lagu hits Indonesia, Ari kemudian juga banyak memeroleh penghargaan melalui karya-karyanya tersebut. Pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2015 lalu, Ari menyabet empat penghargaan dari total tujuh nominasi yang diberikan untuk karya produksinya.

Ari Renaldi - Mousaik

Karir Ari sendiri tidak hanya berhenti di belakang panggung. Ari sendiri dikenal tergabung dalam sebuah band jazz asal Bandung, 4Peniti, yang terbentuk pada 2002 lalu. Di 4Peniti ini Ari sendiri duduk di belakang drum untuk mengiringi rekan-rekannya dalam bermusik.

Selain menjadi mixing engineer profesional dan produser musik, Ari juga diketahui memiliki sebuah studio musik bernama Aru Studio. Studio yang berlokasi di Bandung ini kerap dimanfaatkan para musisi dan penyanyi untuk sekedar latihan atau bahkan melakukan rekaman. Dalam Instagram resminya @arustudiobdg terlihat beberapa unggahan foto musisi ternama yang sedang beraktivitas di studio ini di antaranya Hiroaki Kato, Trio Bimbo, SHE, dan Tesla Manaf.


Ke depannya pasti masih banyak karya-karya dari Ari yang menunggu untuk dirilis. Mari kita tunggu dan dukung terus insan musik Indonesia yang berprestasi gemilang ini ya!

Baca Juga:

By Kezia Maharani

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share