Cerita Grace Sahertian di Balik Lagu “Beautiful” Yang Berduet Dengan Musisi Jazz Amerika

Share

Setelah sukses dengan album debutnya berjudul “Hela”, penyanyi asal Bandung Grace Sahertian kembali merilis lagu di tahun ini. “Beautiful” menjadi judul yang dipilih Grace untuk single pertama yang dirilis setelah dua tahun. “Beautiful” sendiri telah secara resmi dirilis pada 9 April kemarin, lengkap juga dengan video klipnya.

Yang spesial dari rilisan Grace kali ini adalah karena dirinya berhasil menjalin kolaborasi dengan saxophonis jazz asal Amerika Serikat dan juga pemenang Grammy, Kirk Whalum. Kerjasama Grace dan Kirk ini terjadi setelah keduanya bertemu dalam event Java Jazz Festival 2018 kemarin.

Dalam rilis yang diterima Mousaik bahkan disebutkan bahwa Kirk sendirilah yang menonton penampilan Grace sampai selesai dan kemudian menghampiri Grace. Kirk juga sempat menyampaikan kekagumannya pada Grace.

Nah, kali ini tim Mousaik beruntung karena berhasil mewawancarai Grace via telepon mengenai rilisan terbarunya ini. Penasaran sama apa yang kita obrolin? Yuk simak perbincangan kita, dan jangan lupa tonton video klipnya dulu. 😀

Halo kak Grace, inspirasi dari lagu sekaligus video untuk “Beautiful” ini apa sih kak?

“Kalau untuk lagu sendiri, inspirasi awalnya adalah tentang kemanusiaan, karena memang kolaborasi ini sekaligus berkaitan untuk produksi album Kirk yang temanya kemanusiaan. Tapi untuk album Kirk sendiri jadinya pakai lagu aku yang dari album “Hela”, sementara lagu tema kemanusiaan hasil kolaborasi ini aku jadikan single.

Kalau untuk music videonya aku bekerja sama dan berkolaborasi dengan beberapa pihak, salah satunya Drupadi punya Sujiwo Tejo. Nah, yang bisa berkolaborasi dengan mereka itu adalah mereka yang mengangkat tentang seni pertunjukkan, perempuan, dan wayang. Aku approach mereka sendiri dengan tema seni pertunjukkan dan perempuan karena liriknya juga aku bikin dari perspektif perempuan.

Humanity itu adalah gambaran besarnya, tapi intinya ini bercerita tentang perempuan yang berkarya. Nah ini divisualisasikan seperti itu, menggambarkan aku (Grace) sebagai perempuan dengan pikirannya. Penggunaan kain dan lain-lain itu menggambarkan kesehariannya perempuan lah.”

Lama proses pembuatan lagu sekaligus video ini berapa lama sih kak?

“Kalau lagunya sendiri terhitung satu bulan prosesnya. Cuma memang karena menunggu Kirk dateng di Januari untuk nge-take saxofonnya, jadi kita tunggu sampai Januari 2018. Untuk liriknya sendiri sebenarnya udah selesai dari November 2017.

Kalau untuk video klipnya sendiri prosesnya juga nggak terlalu lama, sekitar sebulanan lah. Pokoknya selama bulan Januari itu kita brainstorming konsep sekaligus eksekusi dengan bantuan dari teman-teman yang ada di Bandung juga.”

Berarti memang udah direncanain untuk sekaligus bikin video klip untuk lagu ini ya kak?

Betul, jadi memang biar sepaket keluarnya.

GRACE SAHERTIAN ft. Kirk Whalum - Beautiful (Official Music Video)

Selain karena jarak Kirk yang jauh, ada halangan lain nggak sih kak?

“Produserku, David Manuhutu, itu tinggalnya di Jakarta, sementara aku di Bandung, jadi memang hanya permasalahan tektok-nya aja sih karena kan nggak ketemu langsung jadi mungkin agak susah. So far sih lancar-lancar aja.

Tapi saat pembuatan video klip ini ada yang menarik. Tadinya akan ada dua penari dalam video klip itu, jadi sudah dalam proses syuting, ternyata tiba-tiba salah seorang penari itu kecelakaan di lokasi syutingnya. Dia jatuh dan harus dibawa ke UGD, jadi kita memang on the spot langsung ganti skenario. Itu aja sih, tapi syukurlah semuanya bisa terselesaikan dengan baik.”

Ke depannya ada project apa lagi dengan Kirk kak?

“Jadi kan ini single aku sudah rilis, tinggal nunggu lagu aku yang ada di albumnya dia. Karena memang Kirk ini mengajak beberapa musisi dari berbagai negara, jadi dia traveling ke berbagai negara untuk bikin album. Tapi aku belum tau kapan rilisnya, kemungkinan sih dalam tahun ini. Selain itu mungkin juga kita akan cari panggung biar bisa manggung bareng (dengan Kirk).”

Setelah sama Kirk, ke depannya kak Grace punya cita-cita untuk berkolaborasi dengan siapa lagi sih?

“Untuk saat ini kayaknya belum bisa nyebut nama karena memang belum terbayang. Semoga aja ada sosok-sosok musisi lain yang kira-kira bisa diajak bekerja sama, mungkin untuk album karena rencananya aku mau produksi album lagi dalam tahun ini.”

Ada alasan tertentu nggak sih kak kenapa lagu “Beautiful” ini ditulis dalam bahasa Inggris?

“Kalau berdasarkan album pertama aku, bisa dibilang memang aku belum percaya diri menulis dalam bahasa Indonesia. Memang itu kekurangan sih kalau menurut aku. Mungkin karena pengaruh referensi juga, karena dari kecil aku banyak denger lagu-lagu dari luar, ayahku denger jazz, soul, dan itu kayaknya yang bikin aku jadi lebih nyaman.

Selain itu juga memang karena lagu “Beautiful” ini diperuntukkan nggak hanya di Indonesia, apalagi kerja sama dengan Kirk Whalum, jadi lagu ini ditulis dalam bahasa Inggris. Cuma untuk selanjutnya sih tantangan buat aku untuk bisa menulis lagu dalam bahasa Indonesia.”

Baca Juga: Throwback Ke Tahun 80-an Sama Calvin Jeremy dan Wouter Hamel di Video Klip Alright

Rencana promosi untuk lagu ini gimana kak?
“Rencananya sekarang masih menunggu untuk promo-promo di radio, bikin showcase, manggung, dan yang paling aku tunggu sih ingin mengundang Kirk Whalum untuk tampil di Indonesia, di beberapa event jazz.”

Feedback dari penggemar dan pendengar untuk lagu ini sendiri gimana kak?
“Bersyukur, feedback-nya positif, karena mereka (pendengar) merasa pesan-pesan dalam liriknya ini mewakili, menguatkan, menenangkan. Semacam afirmasi mungkin ya, bukan hanya untuk perempuan, tapi secara general untuk siapapun yang mendengarkan. Karena aku juga lumayan lama mengeluarkan single ini, jeda dua tahun dari album kemarin, jadi ya mungkin pada kangen juga.”

Di akhir wawancara, Grace sendiri berharap agar lagunya lebih banyak didengarkan. Mengingat Grace yang masih terhitung memproduksi karyanya secara indie, ia juga berpesan untuk terus berjuang pada anak bangsa lainnya untuk terus berkarja, bahwa nggak ada yang nggak mungkin, asal kita tetap menjadi diri sendiri dan tidak berubah menjadi orang lain.

Jangan lupa dengerin dan tonton video klip dari lagu “Beautiful” punya Grace ya! Kamu juga bisa dengarkan lagunya di beberapa platform digital!

Listen Grace Sahertian – Beautiful On Spotify

Listen Grace Sahertian – Beautiful On iTunes

Listen Grace Sahertian – Beautiful On Deezer

Listen Grace Sahertian – Beautiful On Joox

By Kezia Maharani

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share