Coba Cek 10 Musisi ini Kuliah Dimana? Mungkin 1 Almamater Sama Kamu!

Share

Satu masa yang nggak terlupakan saat seseorang ada di dalam dunia pendidikan adalah masa-masa Sekolah Menengah Atas (SMA), tapi masa-masa kuliah juga nggak kalah terlupakannya, lho! Pokoknya masa-masa cinta monyet di SMA kayaknya nggak bisa mengalahkan masa-masa kerja kelompok bareng temen-temen waktu kuliah, nggak bisa juga ngalahin rasa gabut walaupun seharusnya bisa ngerjain skripsi di akhir-akhir masa kuliah.

Maka itu, kali ini Mousaik mau ngajak kita semua untuk throwback dan cari tahu dari mana asal kuliah dan jurusan apa yang diambil sama beberapa musisi dan band lokal favorit kita, dari yang kuliah di Indonesia, sampai yang kuliah di luar negeri!

1. White Shoes and The Couples Company – Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Band yang vintage dengan gaya musiknya yang unik dan khas banget ini mulanya dibentuk di kampus, lho! Formasi pertama White Shoes and The Couples Company berisikan mahasiswa dan mahasiswi IKJ. Aprilia Apsari & Yusmario Farabi & Saleh, anak jurusan Seni Rupa, disusul oleh Ricky & Mela & John Navid, anak jurusan musik.

Berasal dari jurusan Seni Rupa dan Musik, White Shoes and The Couples Company tentunya punya nilai plus di bidang ke-estetikan kostum, desain, dan segala macamnya, dan juga bentuk musik yang bisa dibilang jauh dari genre-genre musik populer Indonesia yang lahir di awal tahun 2000-an waktu itu.

2. Isyana Sarasvati – Royal College of Music, Inggris

Kalau untuk talenta bermusik, jangan ditanya lagi seberapa ahlinya Isyana dalam bermusik! Apalagi urusan pendidikan musik, jangan lagi di tanya! Isyana udah kuliah di dua tempat yang terkenal dengan jurusan seninya, seperti Nanyang Academy of Fine Arts di Singapur dan Royal College of Music di Inggris!

Kuliah di Inggris aja rasanya udah hebat banget, ya! Nah, Isyana bukan hanya kuliah, tapi dia juga lulus dengan nilai cumlaude dan menerima banyak penghargaan dari kampusnya! Nggak kaget makanya kalau Isyana bisa hasilin karya-karya lagu pop kekinian yang enak, sampai bisa nyanyi lagu pakai suara sopran yang keren!

3. Tulus – Universitas Parahyangan, Bandung

Apa profesi Tulus sebelum jadi penyanyi? Jawabannya adalah arsitek! Yup! Dulu Tulus menjalani masa-masa kuliahnya di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, dengan jurusan arsitek pastinya. Walaupun kayaknya arsitektur nggak ada hubungannya sama musik, tapi di website resminya, Tulus bilang kalau musik dan arsitektur memiliki banyak kesamaan, lho! Menurutnya, ada tiga hal yang sama yang bisa dipelajari dari musik dan arsitektur, yaitu keindahan, struktur, dan fungsi.

Walaupun kuliah di jurusan arsitek, tapi Tulus nggak bisa melepaskan kecintaannya terhadap musik, lho! Sewaktu masih kuliah di Bandung, dilansir dari Brilio, Tulus pernah bergabung dengan band dengan genre musik Jazz yang bernama Sikuai Band, tak hanya bergabung di band, Tulus juga suka berkumpul dan tampil di acara-acara komunitas jazz di Bandung.

Baca Juga: Sekarang Jadi Musisi Gak Harus Cari Label, 6 Musisi Ini Buat Label Musik Sendiri Loh!

4. Danilla – Universitas Persada Indonesia YAI, Jakarta

Penggemar film musikal berjudul The Sound of Music yang punya panggilan ‘penelisik’ ini menghabiskan masa kuliahnya di Universitas Persada Indonesia YAI. Di masa kuliah, Danilla memilih jurusan penyiaran, nah di saat kuliah di tahun 2008 inilah Danilla masuk ke dunia musik, jadi walaupun jurusannya tidak terlalu berhubungan dengan musik, Danilla tetap menekuni kecintaannya terhadap musik.

Di kampus Danilla juga pernah membentuk band bersama beberapa teman kampusnya, lho! Bahkan dilansir dari Tempo, Danilla sampai cuti kuliah dua tahun, dan akhirnya membuat Danilla harus bekerja di beberapa tempat untuk membiayai kuliahnya yang jadi terlambat lulus. Danilla juga masih mau meneruskan pendidikannya ke jenjang S2, lho!

5. Monita Tahalea – Universitas Trisakti, Jakarta

Penyanyi yang lolos masuk ke industri musik lewat ajang pencarian bakat Indonesian Idol ini menimba ilmu dan menerima gelar sarjana di Universitas Trisakti, Monita pun memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Pelantun lagu ‘Saat Teduh’ ini pun lulus dari Universitas Trisakti pada tahun 2011.

Sebagai anak DKV, kita bisa ngeliat kesukaan Monita terhadap seni lewat feed Instagramnya, lho! Beberapa foto yang Monita ambil di museum seni, seperti beberapa foto lukisan sama art installation yang Monita ambil di Museum MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara). Begitu juga karya musiknya Monita, seperti video lirik lagu ‘Breathe’ yang adalah kumpulan dari artwork karya Luluq Baraqbah dan Witjk.

6. NAIF – Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Terbentuknya NAIF juga muncul dari ide iseng-iseng anak kuliahan, lho! Sangking banyaknya tugas, anggota NAIF yang waktu itu adalah mahasiswa tingkat satu di jurusan Seni Rupa pun sering banget menginap secara bergiliran dari rumah teman yang satu, ke teman yang satunya, tujuan awalnya memang untuk mengerjakan tugas kuliah bersama, tapi, dilansir dari website resmi mereka, suatu kali di pertengahan tahun 1995, wacana mengerjakan tugas itu malah berganti menjadi sesi jamming semalaman yang akhirnya memunculkan sebuah lagu, ‘Jauh’, yang akhirnya jadi salah satu lagu di album debut NAIF.

Anak Seni Rupa IKJ ternyata karyanya nggak habis di seni rupa aja ya, terbukti selain White Shoes and The Couples Company yang dua anggotanya adalah anak Seni Rupa, ternyata anggota NAIF juga adalah sekumpulan anak jurusan Seni Rupa.

Baca Juga:

7. Adhitia Sofyan – KvB Institute of Technology, North Sydney

Punya universitas tujuan yang pengen banget kita masukin? Nah, Adhitia Sofyan juga sama kayak kita, nih, dulu di tahun 1996 dia mencoba untuk masuk ke Berklee College of Music di Boston, tapi akhirnya harus batal karena satu dan lain hal, Adhitia berakhir melakukan pendidikannya di KvB Institute of Technology di North Sydney dan mengambil jurusan Graphic Design.

Nggak kaget makanya kalau lagu-lagu Adhitia liriknya visualisasi banget, ternyata jurusan waktu kuliah dan kerjaannya memang nggak jauh-jauh dari desain visual. Nggak kaget juga kalau lagu-lagunya Adhitia selalu ada unsur-unsur Australia-nya, ya! Karena Adhitia menghabiskan cukup banyak waktunya di sana waktu kuliah.

8. Vira Talisa – Universiteit Rennes 2, Prancis

Pelantun lagu ‘If I See You Tomorrow’ yang suka pakai topi beret, Vira Talisa, ternyata menghabiskan masa-masa kuliahnya di Prancis, lho! Vira mengambil jurusan Visual Art di Universiteit Rennes 2. Dilansir dari Hai, Vira mulai pede dengan musiknya waktu lagi kuliah di Prancis, lho! Rekaman-rekamannya awalnya dilakukan di kamarnya semasa di Prancis.

Nggak heran ya, lagu-lagu Vira pasti punya vibes retro yang unik, mungkin bisa jadi vibes itu didapetin Vira dari hari-harinya berada di Prancis ya, musiknya jadi kalem, sweet, vintage yang khas Vira banget!

9. Raisa – Universitas Bina Nusantara International, Jakarta

Penyanyi perempuan Indonesia yang selalu sukses membuat ‘Hari Patah Hati Sedunia’ jadi trending di segala macam media sosial, Raisa, ternyata menghabiskan masa kuliahnya di Universitas Bina Nusantara atau yang sering kita sebut Binus, lho! Di Binus, Raisa mengambil jurusan Marketing Internasional Bisnis, dan lulus pada tahun 2012.

Pelantun lagu ‘Usai Di Sini’ ini, dilansir dari Binus International, ternyata selain punya kesenangan di bidang nyanyi dan marketing, juga pengen jadi konsultan interior, lho! Kecintaan Raisa sama desain interior bisa kita lihat di video-klipnya yang ‘Could It Be’!

10. Padi – Universitas Airlangga, Surabaya

Satu lagu band yang terbentuk karena anak kuliahan yang punya rasa cinta dan talenta dalam bidang musik, nih! Grup band Padi ternyata juga bermula dari teman-teman kuliah, lho! Mereka menghabiskan waktu kuliah mereka di Universitas Airlangga, Surabaya.

Walaupun nggak berasal dari jurusan yang berhubungan seni atau musik, tapi anak-anak Padi masih bermusik lewat band mereka! Terbukti beberapa lagu mereka yang sampai sekarang masih sering dinyanyiin di tengah-tengah masyarakat Indonesia, kayak lagu ‘Begitu Indah’.

Nah! Jadi, sekarang siapa yang terinspirasi untuk mulai jadi musisi dan memulai bandnya dari masa-masa kuliah? Mungkin bisa dimulai dari cover-cover lagu dulu, langsung deh di kirim ke Instagram pakai hashtag #CoverSaik, ya!! Selamat dan semangat berkarya!

By Analuna Manullang

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share