Dari God Bless Hingga Konser Menjilat Matahari, Inilah Karya Yockie Sebelum Tutup Usia

Share

Dari God Bless Hingga Konser Menjilat Matahari, Inilah Karya Yockie Sebelum Tutup Usia

Musisi senior, Yockie Suryo Prayogo, telah meninggal dunia pada Senin (5/2) lalu. Namun karya-karyanya sebagai seorang musisi dari tahun 1972 hingga sekarang tentu akan selalu dikenang oleh dunia musik Indonesia.

Selain bermusik dengan band yang beraliran rock, God Bless, Yockie pun juga memiliki karya yang dibuat bersama dengan musisi-musisi hebat, seperti Chrisye dan dua band lainnya, Swami dan Kantata Takwa. Berikut adalah rangkuman karya Yockie di industri musik Indonesia.

Kehidupan – God Bless

Salah satu lagu God Bless yang diciptakan oleh Yockie adalah Kehidupan. Lagu ini pun menjadi salah satu hits God Bless yang dinilai monumental oleh Ahmad Albar. Dikutip dari Tribun News, vokalis God Bless tersebut juga menilai bahwa lagu-lagu yang diciptakan Yockie, seperti Kehidupan dan Semut Hitam adalah karya yang sangat bagus.

Rumah Kita – God Bless

Sempat keluar dari band God Bless, Yockie kembali bergabung dan menggarap album Semut Hitam yang dirilis tahun 1988, dan salah satu lagu God Bless dari album tersebut yang masih terdengar dinyanyikan oleh banyak musisi Indonesia adalah lagu Rumah Kita.

Jurang Pemisah – Yockie, Chrisye

Lagu ini adalah lagu hasil kolaborasi bersama penyanyi senior Indonesia, almarhum Chrisye, yang dibuat pada tahun 1977. Dilansir dari Metro News, Bens Leo, jurnalis musik, mengatakan bahwa album dan lagu Jurang Pemisah adalah karya Yockie yang berbeda dengan karya pemusik pada jaman itu.

Badai Pasti Berlalu – Chrisye

Bersama dengan musisi lainnya seperti Berlian Hutauruk, Debby Nasution, Keenan Nasution, Fariz RM, dan Chrisye, Yockie menggarap soundtrack untuk film Badai Pasti Berlalu yang dirilis pada tahun 1977 dan menampilkan Christine Hakim, Roy Marten, dan Slamet Rahardjo.

Lagu ini pun masih sempat kembali dinyanyikan oleh Ari Lasso untuk soundtrack film daur ulang Badai Pasti Berlalu pada tahun 2007.

Baca Juga: Rilis “Film Favorit”, Kini Sheila On 7 Menjadi Band Indie!

Rilis “Film Favorit”, Kini Sheila On 7 Menjadi Band Indie!

Lilin-lilin Kecil – Chrisye

Sebagai arranger album Lomba Cipta Lagu Remaja Radio Prambors Rasisonia, Yockie mengaransemen lagu Lilin-lilin Kecil karya James F. Sundah yang dinyanyikan oleh Chrisye. Lagu ini pun hits hingga sekarang, dan masih sering dinyanyikan oleh musisi-musisi tanah air.

Kesaksian – Kantata Takwa

Beberapa waktu setelah hengkang dari grup band God Bless, Yockie kembali bergabung ke dalam sebuah band bernama Kantata Takwa bersama Iwan Fals, Sawung Jabo, dan W.S. Rendra.

Salah satu lagu yang hits adalah lagu Kesaksian dalam album yang berjudul Kantata Takwa yang juga masuk ke peringkat ke-64 dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik yang diterbitkan dalam majalah Rolling Stone Indonesia pada bulan Desember 2007.

Drama Musikal Diana, Ulang Tahun ke-45 Kompas

Dalam sebuah drama musikal berjudul Diana yang dipentaskan untuk merayakan ulang tahun ke-45 Kompas pada tahun 2010, Yockie pun ikut mengambil bagian sebagai Music Director. Dikutip dari Kompas, drama musikal yang dimainkan oleh Nindy, Ariyo Wahab, Sheila Marcia, dan beberapa artis lainnya, berisikan lagu-lagu Koes Plus, yang musiknya diremaster kembali oleh Yockie.

Yockie Suryo Prayogo In Rock Menjilat Matahari

Konser Menjilat Matahari digelar pada tahun 11 Oktober 2017 di The Pallas SCBD Jakarta. Dilansir dari CNN Indonesia, dalam konser ini Yockie membawakan lagu-lagu yang pernah ia ciptakan. Dalam konser musik rock ini Yockie mengajak musisi rock seperti Andi/rif dan Nicky Astria, juga Aryo Wahab dan Budi Cilok. Yockie pun berharap ada kreativitas generasi saat ini yang bisa diingat generasi berikutnya, dikutip dari CNN Indonesia.

Itulah perjalanan karir bermusik dari Almarhum Yockie Suryo Prayogo. Karya-karyanya Beliau hingga saat ini masih banyak disukai. Bahkan, beberapa lagu yang mendapat sentuhan Yockie ini masih suka di dengar oleh kalangan anak muda masa kini. 

By Annaluna Mannulang

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share