Mundur Dari Dukungan Bekraf, Efek Rumah Kaca Berangkat Ke SXSW Dengan Dana Sendiri

Share

Mundur Dari Dukungan Bekraf, Efek Rumah Kaca Berangkat Ke SXSW Dengan Dana Sendiri

Grup indie asal Jakarta Efek Rumah Kaca (ERK) mengawali 2018 dengan kabar gembira bahwa mereka akan mewakili Indonesia pada festival South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, pada 9 hingga 18 Maret 2018. Meminta dukungan dari para penggemar dan sebagai bentuk penggalangan dana kehadiran mereka di SXSW, ERK bahkan siap diundang manggung dengan formasi full team selama beberapa waktu.


Namun, selang beberapa waktu sebelum keberangkatan mereka ke Amerika Serikat, ERK secara resmi mengumumkan pengunduran diri mereka dari dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia dan pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan dana mandiri untuk berangkat menuju festival SXSW. Perihal pengunduran diri ini diumumkan ERK melalui akun Instagram mereka @sebelahmata_erk.

Selain pengumuman pengunduran diri, ERK juga memaparkan secara detil alasan mereka, kejanggalan-kejanggalan yang ditemukan berkaitan tiket keberangkatan mereka, serta problematika jumlah anggota yang dapat diboyong ke SXSW. 

Dalam hal ini ERK merasa bahwa pihak Bekraf tidak sepenuhnya kooperatif bahkan cenderung dipersulit oleh Bekraf khususnya dalam hal akses ke Artist Page SXSW.


Dalam unggahan klarifikasi di Instagram tersebut, ERK menyayangkan tidak transparannya pihak Bekraf yang menyebutkan bahwa hanya 5 orang member yang bisa diberangkatkan ke SXSW serta Bekraf yang menolak memberikan akses admin ke halaman Artist Page SXSW. Setelah didesak selama beberapa waktu, Bekraf akhirnya mengizinkan pemberian akses tersebut.

Singkat cerita, ERK berhasil menghubungi Head of Music Festival SXSW James Minor dan Stage Manager tempat ERK akan tampil, memastikan kesediaan teknis, dan ternyata memang panggung yang disediakan untuk ERK memadai untuk 9 orang sekaligus berada di atas panggung, berbeda dengan informasi yang diteruskan Bekraf bahwa hanya 5 orang yang bisa berada di panggung karena tidak memadai.

Baca Juga: Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Hari Musik Nasional 2018 Kemarin!

Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Hari Musik Nasional 2018 Kemarin!

Selain itu, ERK juga menyampaikan bahwa alasan utama pengunduran diri mereka yaitu pemilihan tiket dengan harga yang tidak wajar tidak dielaborasi lebih lanjut.

Dari pihak Bekraf sendiri menyampaikan klarifikasi versi mereka, bahwa harga tiket yang tidak sesuai tersebut dikarenakan fasilitas yang berbeda. Harga tiket yang ERK maksudkan mungkin adalah harga tiket promo ekonomi dengan keterbatasan-keterbatasan tertentu, sementara tiket yang akan dibeli Bekraf adalah tiket Flexibel di mana penggunanya akan bebas melakukan pemindahan jadwal penerbangan tanpa dikenai denda atau biaya tambahan.


Hingga artikel ini diturunkan, masih belum jelas mengenai pihak mana yang salah, benar, atau letak miskomunikasi antara kedua belah pihak. Yang jelas, mari kita dukung dan doakan yang terbaik untuk ERK yang tampil di SXSW dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional!

By Kezia Maharani

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share