Efek Rumah Kaca Memberikan ‘Sebelah Mata’ Mereka Kepada Novel Baswedan

Share

 

Efek Rumah Kaca memberikan ‘Sebelah Mata’ mereka kepada Novel Baswedan

Ada banyak cara untuk memberantas korupsi, dan Novel Baswedan memilih untuk menjadi seorang senior di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk secara langsung meneliti siapa-siapa saja pejabat-pejabat yang hidup dengan hasil mencuri uang rakyat.

Sayangnya, perjuangan novel memberantas korupsi harus berhenti di tengah jalan setelah dirinya disiram air keras pada April 2017 kemarin, kembali ke tanah air akhir Februari kemarin setelah melakukan pengobatan di Singapura, penyelidikan kasus yang menimpa Novel pun belum menemukan titik terang.

Dukungan pun berdatangan untuk Novel, salah satunya dari Efek Rumah Kaca (ERK). Dilansir dari CNN Indonesia, ERK menjadi pengisi acara penyambutan Novel di gedung KPK sambil membawakan lagu ‘Sebelah Mata’ yang dipersembahkan untuk Novel yang hanya dapat melihat dengan mata kanan, karena mata kirinya masih harus mengalami pengobatan.

Challenge atau tantangan dengan penggunaan tagar atau hashtag #SebelahMata pun juga diberikan oleh ERK untuk masyarakat Indonesia. ERK mengajak masyarakat Indonesia untuk meng-cover lagu ‘Sebelah Mata’ dan mengunggahnya ke media sosial dengan tagar #SebelahMata. Selain itu, ERK juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menandatangani petisi online sehubungan dengan kasus Novel.

Dukungan pun beragam muncul, terutama di media sosial Instagram. Tagar #SebelahMata pun sudah digunakan dalam lebih dari 14 ribu postingan pengguna Instagram, begitu juga dengan tagar #KamiBersamaNovel dan #NovelKembali.

Tantangan ERK diterima oleh tim program Mata Najwa di akhir bulan Maret kemarin, walaupun hanya lip sync, namun video yang diunggah di Instagram pribadi Najwa Shihab inilah yang membuat tantangan #SebelahMata menjadi semakin viral.

Menerima tantangan Najwa Shihab, Fathia Izzati, atau yang lebih dikenal dengan nama Kittendust, vokalis dari The Reality Club, juga meng-cover lagu Sebelah Mata dengan ukulelenya.

Robi Navicula juga menjadi salah satu musisi yang ditantang oleh Najwa untuk melakukan cover lagu Sebelah Mata, Robi pun melakukannya dengan mengganti sedikit lirik lagu sebenarnya.

Anggota dari duo Endah N Rhesa, Endah Windiastuti juga melakukan cover lagu Sebelah Mata dengan pergantian lirik yang sama seperti Robi.

Sementara Fiersa Besari melakukan cover bersama dengan Kerabat Kerja, untuk lebih mendalami ‘sebelah mata’, Fiersa pun bernyanyi dengan topi kupluk menutupi sebelah matanya. Kali ini lagu Sebelah Mata dinyanyikan dari awal sampai akhir dan diunggah Fiersa ke YouTube.

Salah satu rapper Indonesia, Saykoji, juga melakukan tantangan #SebelahMata. Sebagai seorang rapper Saykoji pun melakukan rap dari lagu Sebelah Mata yang asli.

#sebelahmata

A post shared by Ignatius Penyami (@saykoji) on

Bukan hanya dari musisi-musisi besar atau influencer saja, dukungan juga datang dari pengguna media sosial lainnya, seperti cover Sebelah Mata karya Nada and The Teacher atau akun Instagram @nakhasyifa.

Begitu juga postingan Instagram dari akun @aqmalmuh yang berisikan hasil cover kumpulan aktivis dan seniman dari Makassar.

Dukungan masih terus bertambah dari banyak jenis media sosial, semoga bentuk dukungan ini pun membuahkan hasil yang baik dan kasus Novel segera terselesaikan. Kita pun harus kembali bangga dengan musisi Indonesia yang menggunakan karyanya untuk membantu kepentingan orang lain, dalam hal ini ERK membantu Novel dan kasusnya yang berhubungan dengan kerugian negara yang disebabkan oleh korupsi.

Untuk kalian yang belum memberikan #SebelahMata untuk Novel, jangan lupa juga gunakan tagar #coversaik, ya!

By Analuna Manullang

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share