Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Hari Musik Nasional 2018 Kemarin!

Share

Negara kita baru saja merayakan hari nasional tanggal 9 kemarin, lho! Yup! Hari Musik Nasional! Nah, Mousaik punya 5 fakta menarik tentang Hari Musik Nasional tahun ini, nih! Penasaran? Yuk, langsung aja dibaca!

Kenapa Tanggal 9 Maret?

Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Hari Musik Nasional 2018 Kemarin!

Mungkin pertanyaan yang selalu muncul di pikiran kita kalau mendengar Hari Musik Nasional diadakan pada tanggal 9 Maret adalah, “Kenapa tanggal 9 Maret?” Jawabannya adalah Wage Rudolf Supratman atau yang sering disingkat jadi W.R Supratman.

Nah, apa hubungannya ya W.R Supratman sama Hari Musik Nasional? Dilansir dari Pikiran Rakyat, Ketua Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik RI (PAPRI) Periode 2012-2017, Tantowi Yahya menjelaskan kalau tanggal 9 Maret itu terpilih karena hari itu adalah tanggal kelahiran W.R Supratman yang lahir 9 Maret 1903 di Purwarejo, Jawa Tengah. Untuk yang belum ngeh atau belum tau, W.R Supratman adalah pencipta lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya.

Sapaan Selamat Hari Musik Nasional Oleh Presiden Joko Widodo

Kali ini Indonesia memang punya presiden yang sangat spesial! Kenapa? Karena presiden kita suka banget sama musik! Masih ingat kan pak Jokowi sampai datang ke acara festival musik We The Fest tahun 2016 kemarin ditemani oleh wartawan musik senior, Adib Hidayat. Nah, sehubungan dengan Hari Musik Nasional kemarin, pak Jokowi menyampaikan kata selamatnya lewat akun Instagram pribadinya, lho!

“Hidup kita selalu bersama musik, tanpa musik terasa hambar,” kata Jokowi dalam videonya.

Baca Juga: Musim Hujan Akan Usai, Maliq & D’Essentials Datang Dengan “Musim Bunga”

Di video itu Jokowi juga mengatakan tentang Konferensi Musik Indonesia yang diadakan di Ambon kemarin. Di caption postingannya Jokowi juga mengatakan, “Rentang musik nasional dari Sabang sampai Merauke mencerminkan rasa toleransi, kerukunan, dan keharmonisan.”

Konferensi Musik Indonesia 2018, Konferensi Musik Pertama Di Indonesia!

Bertepatan untuk merayakan Hari Musik Nasional, tahun ini ada hal baru yang akan jadi sebuah acara tahunan di Indonesia, yaitu Konferensi Musik Indonesia yang tahun ini diketuai oleh salah satu musisi senior Indonesia, Glenn Fredly, yang diadakan di Ambon.

Selain mengundang musisi-musisi, acara KAMI juga mengundang orang-orang yang penting berhubungan dengan dunia musik, seperti wartawan dan juga promotor acara musik. Semoga acara seperti ini jadi bagian dari acara tahunan nasional Indonesia, ya!

Selamat Hari Musik Nasional Dari Para Musisi

Hari Musik Nasional pastinya juga dirayakan oleh para musisi Indonesia, salah satunya adalah Monita Tahalea yang menyampaikan kata selamatnya sambil bercerita tentang projectnya bersama musisi-musisi lain dalam pembuatan Album Detik Waktu; Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman.

“Awalnya, berbunga canda di balik segarnya tawa kau datang bersama senja ketika hati mulai memerah” Betapa bahagianya menjadi bagian dari Album Detik Waktu; Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman.  Di album ini saya menyanyikan kembali lagu dari @officialcandradarusman “Perkenalan Perdana” yang dibuat awal tahun 1982, dengan syair puitis yang ditulis oleh Emma Madjid. Kembali bekerjasama dengan @geraldsitumorang sebagai produser dan penata musik serta musisi @yosephsitompul @jessimates @odipurba dan penata suara Eko Sulistiyo. Setiap proses hingga hasil akhirnya membuat saya kembali bersyukur atas musik yang melagu di ruang, waktu dan perjalanan saya. Terima kasih @officialcandradarusman @panji1112 @asmorojati dan semua yang terlibat dalam album ini dan selamat atas rilisnya album Detik Waktu “Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman.” Selamat mendengarkan! Selamat Hari Musik Nasional! #harimusiknasional

A post shared by Monita Tahalea (@monitatahalea) on

Kata selamat juga dibagikan oleh Sheryl Sheinafia, bersamaan dengan gambarnya semasa dulu masih pakai behel, tentunya sambil memegang gitar dan dengan mic di depan mulutnya, “throwback to me and music as is and after coming home to watching mba @endahwidiastuti at loca.”

Duo Endah N Rhesa juga menyampaikan kata selamat mereka lewat postingan Instagram dengan caption, “Sesungguhnya, musik bukan sekedar hiburan semata, tetapi juga media yang memiliki banyak fungsi… pendidikan, sosial-budaya, ekonomi, lingkungan hidup, gerakan anti-korupsi, perdamaian.. dan sebagainya.. semoga bisa melahirkan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi seluruh pelaku musik dan penikmatnya.”

Selamat Hari Musik Nasional juga dari Mousaik!

Banyak harapan kita untuk musik Indonesia! Semakin berjaya! Dan semoga budaya musik nasional Indonesia menyatukan kita semua sebagai masyarakatnya yang “Bhineka Tunggal Ika”!

By Analuna Manullang

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share