7 Referensi Lagu Anak-Anak Kekinian!

Share

Sudah lama Indonesia kehilangan nada-nada seru lagu anak-anak, lagu tentang tamasya, lagu tentang menanam di kebun, lagu tentang sayang papa dan mama, lagu dongeng Oki dan Nirmala, lagu itu semua digantikan dengan lagu populer lokal dan Barat yang akhirnya menjadi nyanyian bagi anak-anak juga.

Era 90-an bisa dibilang menjadi kejayaannya lagu anak-anak. Dimana banyak banget menjamurnya artis-artis cilik yang layaknya seorang superstar. Beruntunglah untuk yang terlahir di tahun 90an hingga 200an awal. Karena apa yang masuk ditelinga kita adalah pas buat didengar.

Coba ingat-ingat lagi, dulu waktu masih SD, lagu anak-anak macam apasih ya kita sering dengar? Karena suka dicecoki majalah Bobo setiap saat oleh orangtua, penulis sih akhirnya selalu suka dengar lagu-lagu operet Bobo, seperti lagu ‘Paling Enak Jadi Anak’ dari Operet Bobo ‘Rahasia Pika Pika Kuro’ ini!

Selain itu kumpulan lagu-lagu dari album AFI Junior juga menjadi salah satu favorit penulis.

Untungnya, sekarang ini lagu yang bersahabat untuk anak-anak kembali banyak digarap oleh industri musik Indonesia, nih! Walaupun belum banyak seperti dulu dan gak booming/viral banget, tapi mungkin lagu-lagu dibawah ini bisa jadi referensi kamu jika punya anak, adek, sepupu, ataupun keponakan bisa diperdengarkan ke mereka!

Naura – Berani Bermimpi

Baca Juga: Throwback Ke Tahun 80-an Sama Calvin Jeremy dan Wouter Hamel di Video Klip Alright

Lagu ini dinyanyiin sama Naura untuk film Naura & Genk Juara, nih! Salah satu film petualangan anak-anak musikal yang bisa dibilang film ‘Sherina’ yang kekinian. Rilis di akhir tahun 2017, lagu ini berisikan pesan agar kita selalu berani bermimpi dan tidak pantang menyerah untuk mencoba hal-hal yang baru.

RAN ft. Maisha Kanna & Lil’li Latisha – Selamat Pagi

Siapa bilang lagu anak-anak harus bener-bener lagu yang aslinya dinyanyiin sama anak-anak? Lagu ini jadi salah satu contoh lagu baru yang di-remake dan pas banget jadi lagu anak-anak! Pesannya supaya setiap bangun pagi kita harus selalu bersemangat untuk melakukan kegiatan kita sehari-hari! Kalau dengar lagu ini jadi ingat dulu anggota AFI Junior pernah menyanyikan lagu ‘Sahabat Sejati’-nya Sheila ON 7 dalam album mereka, dan lagu itu juga jadi lagu yang pas untuk anak-anak!

Zara Leola – Liburan

Dibawakan untuk film ‘Petualangan Menangkap Petir’, siapa yang sangka kalau lagu ini aslinya dinyanyikan oleh band Endak Soekamti? Pesan di lagu ini sih supaya pas lagi liburan nggak males gerak, main-main sama teman ke luar rumah, ke gunung, ke pantai, supaya menikmati liburan yang indah bersama teman-teman!

Yang pastinya mengajak supaya anak-anak Indonesia jaman sekarang nggak cuma bisa main handphone di dalam rumah, tapi juga bermain bersama teman-teman mereka, kayak petualangan Zara Leola dan teman-temannya.

Bram & Samer – Berlibur ke Pantai

Music video lagu yang menceritakan tentang cerita liburan ke pantai yang diunggah ke YouTube pada akhir 2017 ini cocok banget buat dimainin waktu lagi liburan! Sering banget ada hal yang nggak kita inginkan terjadi waktu liburan, dan di lagu ini kebetulan pantainya lagi nggak boleh dibuat untuk jadi tempat main karena ombaknya lagi besar, tapi walaupun begitu kita nggak boleh marah, karena masih ada lain waktu untuk bermain!

Mocca – Teman Sejati

Untuk yang patah hati, patah semangat, sedang sedih, lagu ini cocok banget didengerin! Kalau yang punya teman dan temannya sedang merasa sedih, lagu ini cocok untuk dinyanyikan buat temanmu! Lagu Mocca ini memang terinspirasi dari cerita salah satu anak member Mocca yang kehilangan mainan kesayangannya, lho! Jadi yang pasti lirik lagunya relatable banget untuk anak-anak!

Romaria x Bastian Steel – Tebak Monyet

Anak-anak pasti nggak jauh-jauh dari main tebak-tebakan! Maka itu lagu yang dibawakan oleh kakak-beradik Romaria dan Bastian Steel dengan judul Tebak Monyet ini berisikan permainan tebak-tebakan macam-macam binatang, dari mulai kucing, ayam, hingga monyet! Bermain sambil belajar tentang bermacam-macam binatang, seru ya!

Super USA – Paman Datang

Merasa familiar sama suara yang menyanyikan lagu ini? Lagu anak yang dicipatakan oleh AT Mahmud ini dinyanyikan kembali oleh band Endank Soekamti yang ditujukan untuk kembali melestarikan lagu anak-anak dan menyediakan tayangan yang ramah untuk anak-anak!

Jadilah Endank Soekamti membuat cover beberapa lagu anak-anak dengan tiga tokoh animasi bernama Super USA. Selain cover lagu anak-anak, di channel YouTube ‘Soekamti Junior’, Endank Soekamti juga ngebuat beberapa series untuk anak-anak yang berjudul ‘Kamtis Babies The Series’! Kreatif ya!

Itu dia lagu anak-anak kekinian! Apa lagu anak-anak kekinian versi kamu?

By Analuna Manullang

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share