#KounserSaik: Freedom Fest 2016 Sebagai Festival Pembuka di Bulan Oktober

Share

Freedom Festival 2016, festival yang digelar dengan tema “LOCAL INVASION”, mengangkat semua konten bermuatan lokal karya para wirausahawan muda Indonesia di bidang musik, fesyen, kuliner, karya seni lainnya dan bahkan gaya hidup. Festival yang digelar pada tanggal 1 dan 2 Oktober 2016 lalu berlokasi di pusat jakarta, tepatnya di Lapangan Aldiron, Pancoran.

Mousaik on Freedom Fest 2016

Dengan beralaskan lapangan sebuah sepak bola, venue kali ini terbilang luas dengan diisi banyak booth-booth makanan dan pakaian. Hingga Panggung pun dibagi menjadi 2 yaitu, Freedom Stage dan Festival Stage. Festival Stage, panggung yang dikemas dengan atap terbuka dan dibuat sangat dekat dengan penonton. Sedangkan Freedom Stage adalah panggung utama dari acara ini dan sedikit lebih besar daripada Festival stage tetapi suasana kedekatan masih sangat terasa dengan penonton yang hadir.

Di hari pertama tedapat 10 musisi yang tampil, termasuk petra sihombing, The Trees & The Wild, NSG, dan Midnight Quickie sebagai penutup acara pada malam minggu.

Pada hari kedua tepatnya hari minggu, line-up yang mengisi lebih banyak. Sekitar 12 artis/band bergantian mengisi Freedom Stage dan Festival Stage. Termasuk Grup Trio “Dekat”, DJ Dipha Barus yang sedang naik daun dengan “No One Can Stop Us”.

Awan sepanjang hari minggu itu memang terlihat gelap menyelimuti ibukota, bahkan di beberapa titik hujan pun turun. Tetapi hal itu tidak menyurutkan para pengunjung yang hadir, apalagi melihat musisinya beraksi untuk menghibur seisi pengunjung Festival. Sebelum matahari terbenam, giliran band alternatif Barasuara yang tampil, dilanjutkan dengan penyanyi cantik Isyana Sarasvati, dan ditutup dengan Naif.

Disaat Barasuara telah selesai menghibur pengunjung, dan sebelum giliran Isyana beraksi, terlebih dahulu diadakan Konferensi pers bersama mereka tentang kesan dan pesan pada acara Freedom fest kali ini.

dsc00034

Waktu semakin malam, dan tiba saatnya Naif beraksi. Dengan lagu-lagu yang hitsnya Naif berhasil menghipnotis penonton di malam itu, dan juga sukses sebagai band penutup di acara Freedom Fest 2016.

.on stage @naifband di @freedomfestid 2016. #naifband #naif #stageid #freedomfestid

A photo posted by Tri Purba Iskandar (@ipungipung) on

Hal yang sangat disayangkan mungkin karena faktor cuaca yang agak kurang bersahabat. Pengunjung yang datang tidak terlalu padat walaupun akhirnya tidak turun hujan. Pengunjung baru terlihat ketika sore hari menjelang, pengunjung mulai mendatangi band Barasuara yang berhasil memanaskan suasana ditengah ketidakpastian cuaca, dan puncaknya ketika Isyana dan Naif tampil yang memang telah memiliki fanbase yang banyak.

Dari pembagian Line-up musisi di hari sabtu dan minggu membuat acara ini Saik dengan komposisi yang pas! Ditambah keseruan acara ini adalah dibuatnya jarak antara musisi dan penonton yang sangat dekat sehingga yang ada disana bisa bernyanyi bersama tanpa batasan yang menghalangi, dan memang karena sesuai acaranya yang mengusung Freedom.

-mousaik-

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik
Share