Sekarang Jadi Musisi Gak Harus Cari Label, 6 Musisi Ini Buat Label Musik Sendiri Loh!

Share

Bermusik di bawah label musik besar tidaklah selalu mudah. Peraturan ketat serta kesepakatan yang barangkali tidak sesuai dengan keinginan grup kemudian membuat saat ini banyak musisi yang keluar dari label besar, dan kemudian pindah haluan ke label lainnya.

Tidak sedikit juga bahkan musisi yang malah mendirikan labelnya sendiri sehingga memiliki otonomi atas grup dan karya mereka. Berikut beberapa nama-nama grup dan musisi yang memiliki label musik mereka sendiri.

Raisa – Juni Records

Label yang didirikan Raisa serta rekannya Adryanto Pranoto ini telah ada sejak 2013, tetapi baru mulai aktif sejak November 2015 kemarin. Juni Records sendiri mengatasi beberapa nama besar seperti Barasuara, Kunto Aji, Dengarkan Dia, dan Raisa sendiri.

Selain itu, beberapa nama lain yang baru bergabung dengan Juni pada akhir Februari kemarin adalah Josh Kunze dan rekan-rekan dari grup kolektif hiphop asal Jakarta, Underground Bizniz Club (UBC). Beberapa nama yang tergabung dalam UBC di antaranya adalah Ramengvrl, Gbrand, dan Keilanboi.

Tulus – TulusCompany

Suksesnya Tulus saat ini tak lain dan tak bukan merupakan hasil kegigihan dari dirinya sendiri, salah satunya dengan mendirikan label independen miliknya bernama TulusCompany. TulusCompany sendiri merupakan label independen yang didirikan pada 2010 lalu oleh Tulus beserta kakaknya Riri Muktamar. TulusCompany sendiri memiliki dua divisi utama; Tulus Management dan Tulus Production.

Baca Juga: Cerita Tulus Tentang Perjalanannya Membangun Tulus Company

Sheila on 7 – 507 Records

A post shared by Sheila on 7 (@sheilaon7) on

Hampir 20 tahun berada di Major Label tepatnya di bawah Sony Music Entertainment Indonesia, akhirnya Sheila on 7 memutuskan untuk bermusik secara indpenden dengan mendirikan 507 Records. Melalui label ini juga Sheila On 7 merilis single indie pertama mereka berjudul “Film Favorit”. Lagu ini terbilang sebagai obat kerinduan, setelah tiga tahun lamanya mereka vakum mengeluarkan single. 

Teddy Adhitya – TED Records

Penyanyi kelahiran Yogyakarta ini mendirikan label rekaman miliknya yang diberi nama TED Records. Kesuksesan Teddy hingga saat ini bisa dikatakan didulang atas hasil kerjanya dengan label miliknya tersebut tanpa bantuan atau dongkrak dari label musik besar yang ada di Indonesia saat ini.

Lewat TED Records, Teddy Adhitya berhasil merilis debut albumnya berjudul “Nothing Is Real” dan juga membawa pulang piala AMI Award 2017 sebagai Pendatang Baru Terbaik.

Maliq & D’Essentials – Organic Records

Sukses bersama Warner Music Indonesia dari medio 2004 hingga 2010 dengan menelurkan berbagai karya hits, akhirnya di tahun 2009-2010 Maliq & D’Essentials memutuskan untuk bergerak secara independen dengan mendirikan Organic Records dan juga The One Management.

Label musik ini sengaja dibuat agar mereka mempunyai kebebasan yang lebih luas untuk mengeksplor musik mereka. Album pertama yang dirilis lewat Organic Records adalah “Mata Hati Telinga”.

Yura Yunita – Ayura

A post shared by YURA YUNITA (@yurayunita) on

Nah salah satu kabar terbaru yang mendirikan label sendiri adalah penyanyi cantik asal bandung, Yura Yunita! Bersamaan dengan rilisnya single “Harus Bahagia” serta video klip dari lagu tersebut di awal april 2018, pelantun hits “Berawal dari Tatap” ini sekaligus mengumumkan label independen miliknya yang diberi nama Ayura. “Harus Bahagia” sendiri merupakan karya pertamanya yang dirilis di bawah Ayura.

Nah, itu adalah nama-nama musisi yang berkarir di jalur indie dengan label musik mereka sendiri. Kira-kira, siapa lagi yang ke depannya akan menyusul membuat label musik lainnya ya?

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share