Recap Peristiwa Musik Indonesia di Bulan Maret 2018, Ada Apa Aja Ya?

Share

Waktu berlalu cepat, akhirnya kita tiba pada penghujung bulan Maret. Sepanjang 31 hari di bulan ini pasti banyak banget update dari musisi-musisi kesayangan kita; mulai dari perilisan album, single, video klip, bahkan peristiwa kehilangan. Kali ini Mousaik akan memberikan update terbaru kejadian di musik Indonesia sepanjang bulan Maret kemarin!

1. Perilisan Album Baru!


Di bulan ini beberapa musisi kembali ke ruang dengar para penggemar mereka dengan album baru. Beberapa di antaranya adalah Senar Senja dengan album “Kelana”, Rayi ‘RAN’ dengan album “The Introduction”, dan Hanin Dhiya dengan album “Cerita Hanin Dhiya”. Wah, semakin banyak deh lagu yang harus di-update ke playlist kita! Berikut daftar lengkap artis yang merilis album di bulan Maret ini:

– Candra Darusman – Detik Waktu (9 Maret)
– Mocca – Lima (rilis di digital store 9 Maret)
– Laze – Waktu Bicara (10 Maret)
– Senar Senja – Kelana (15 Maret)
– Rayi ‘RAN’ – The Introduction (26 Maret)
– Calvin Jeremy – Nostalgia (28 Maret)
– Hanin Dhiya – Cerita Hanin Dhiya (30 Maret)

Perilisan Video Klip

Rilisnya video klip adalah sebuah pencapaian besar untuk para musisi. Selain menyuguhkan karya versi audio, musisi juga kemudian dituntut untuk menyuguhkan visualisasi karya mereka dalam sebuah video klip. Beberapa musisi yang merilis video klip untuk lagu-lagu mereka di antaranya adalah Adrian Khalif untuk lagu “Flawless/Merona”, Virzha untuk lagu “Tentang Rindu”, dan Maliq & D’Essentials untuk lagu “Musim Bunga”. Rilisan terbaru bulan Maret 2018 bisa dicek selengkapnya di playlist ini:

Efek Rumah Kaca Tampil di SXSW

Pada 12 Maret kemarin grup asal Jakarta ini berangkat ke Amerika Serikat untuk menghadiri sekaligus tampil di festival SXSW. Menggalang dukungan untuk mereka, ERK bahkan sempat mendatangkan vokalis utama mereka, Cholil Mahmud, untuk mendukung ERK yang siap tampil full team demi manggung di tempat di mana mereka dipanggil. Sebelum keberangkatan, ERK sempat menemui permasalahan dengan tim BEKRAF yang semula mendukung perihal keberangkatan mereka. Pada akhirnya, Cholil dkk berangkat menggunakan dana mandiri untuk tampil di SXSW.

Hari Musik Nasional

Tepat pada 9 Maret kemarin Indonesia merayakan Hari Musik Nasional. Pada kesempatan ini, para musisi secara kompak saling mengucapkan selamat Hari Musik Nasional di media sosial mereka. Pada hari itu juga digelar Konferensi Musik Indonesia 2018 yang merupakan konferensi musik pertama di Indonesia. Di konferensi ini hadir para musisi, wartawan, promotor, serta orang-orang yang berkaitan dengan bidang musik.

Sandhy Sondoro Terima Penghargaan dari Rusia

Pada 10 Maret kemarin tepatnya, Sandhy memboyong penghargaan kategori The Best Foreign Artist dalam ajang The First Ceremony of The International Professional Bravo Music Award yang diselenggaran di Kremlin Palace, Moskow, Rusia. Selain membawa pulang penghargaan, Sandhy juga diketahui tampil bersama musisi-musisi terkenal kelas dunia juga sekaligus membawakan karyanya yaitu “End of The Rainbow”.

Sandhy Sondoro

Berpulangnya Gitaris Navicula

Kabar duka datang dari Pulau Dewata, Bali. Gitaris grup asal Bali, Navicula baru saja kehilangan salah seorang personel mereka akibat kecelakaan yang dialaminya. Ialah Made Indra Dwi Putra, sang gitaris yang diberitakan terlibat kecelakaan usai menghadiri acara musik di Ubud. Nyawa sang kekasih, Afiriana Dewi, tidak dapat terselamatkan, sementara Made Indra sempat dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis selama beberapa jam.

Sayang, Made Indra kemudian harus turut menyusul Afi pada 26 Maret kemarin. Turut berbelasungkawa dan sepenanggungan untuk Navicula dan kerabat dari Made Indra serta Afi.


Rich Brian Masuk dalam List Forbes

Selain Sandhy Sondoro, Rich Brian juga tidak ketinggalan menorehkan prestasi membanggakan. Rapper yang namanya tengah naik daun ini kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Brian masuk dalam daftar 30 orang berusia di bawah 30 yang memiliki pengaruh di Asia, atau 30 under 30 Asia versi Forbes.

Tak heran memang, remaja berusia 18 tahun ini telah berhasil melebarkan sayapnya hingga pada taraf internasional, bertemu dengan penyanyi-penyanyi kelas dunia, menggelar tur di berbagai penjuru dunia, dengan kawanan penggemar yang tentu tidak sedikit jumlahnya. Terus berprestasi Brian! Dan buat Indonesia bangga!

Event Musik di Bulan Maret

Sepanjang Maret kemarin, para penggemar musik juga berkesempatan untuk bertemu dengan musisi-musisi kesayangan mereka melalui event-event yang digelar sepanjang bulan ini. Event yang berlangsung pada bulan Maret kemarin di antaranya adalah The 8th Music Gallery, Soundsfest, The Sounds Project, Java Jazz Festival, dan La La La Fest.


Itulah tadi beberapa peristiwa besar di industri musik Indonesia yang terjadi selama bulan Maret ini. Mari kita tunggu saja kejutan-kejutan apa yang akan dibawakan bulan April untuk kita!

Baca Juga:

By Kezia Maharani

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share