Review Album Oxygen: 11 Lagu yang Wajib Didengarkan, Sewajib Menghirup Oksigen!

Share

Setelah terakhir merilis single “Kutunggu Kabarmu” pada Oktober tahun lalu, solois cantik Maudy Ayunda kembali menelurkan album untuk yang ketiga kalinya. Album ketiga berjudul “Oxygen” ini baru saja diluncurkan ke publik pada 15 Februari 2018 kemarin.

Selain berperan sebagai penyanyi dan penulis lagu, Maudy sekaligus berperan sebagai produser untuk album ini loh! Terdapat total 11 lagu dalam album ketiga Maudy kali ini. Penasaran seperti apa sih isi dari lagunya? yuk mari kita review album Oxygen! Keep on reading!

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda) on


1. Kini Dan Selamanya

“Kini dan Selamanya” punya tempo sedang dengan nada yang cukup upbeat. Lirik-liriknya tidak terlalu rumit atau panjang, bahkan cukup catchy untuk dihapal dalam beberapa kali putar. Lagu ini bercerita tentang dua orang yang sama-sama mencinta dan akan selalu saling ada untuk kini dan selamanya. “Kini dan s’lamanya kita kan bersama berdua, hadapi dunia seterusnya, cintaku ada now and forever….”

2. Aku Sedang Mencintaimu

“Aku Sedang Mencintaimu” dibuka dengan petikan gitar untuk bagian intronya. Feel untuk lagu kedua ini agak lebih ringan dibandingkan dengan lagu sebelumnya, beat yang digunakan tidak sekencang lagu “Kini dan Selamanya”. “Aku Sedang Mencintaimu” bercerita tentang seseorang yang merindu, menunggu, dan kian mencintai seseorang yang tampaknya sudah tidak lagi bersama dirinya. Jika didengarkan, lagu ini punya feel yang mirip dengan soundtrack untuk drama-drama Korea.

3. Oxygen

Bagian awal lagu ini punya feel yang mirip dengan “…Ready For It?” milik Taylor Swift. Berbeda dengan kedua lagu sebelumnya, “Oxygen” tidak dibawakan dengan nada-nada manis ala Maudy. “Oxygen” bercerita tentang kebutuhan seseorang akan cinta seseorang lainnya yang diibaratkan seperti kebutuhan akan oksigen. Psst, di tengah lagu akan ada overtune yang mengangkat feel lagu ini menuju puncaknya.

4. Home To You

“Home To You” sepenuhnya ditulis dan dinyanyikan dengan bahasa Inggris. Untuk seorang lulusan Oxford yang memang fasih berbahasa Inggris, pelafalan Maudy sangat baik sehingga tidak sulit untuk kemudian menghafalkan lagu ini tanpa perlu membaca teks liriknya. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang merindukan kekasihnya karena berada dalam hubungan jarak jauh. “I wanna come home to you…”

5. Kutunggu Kabarmu

Lagu ini merupakan single yang telah lebih dahulu dirilis pada Oktober 2017 kemarin. “Kutunggu Kabarmu” bercerita tentang kegengsian sepasang kekasih yang baru saja bertengkar untuk meminta maaf atau bahkan saling menghubungi. Pada lagu ini, musik Maudy terdengar lebih urban dengan sentuhan musik tropikal yang upbeat.

Baca Juga: Teman Sejati, Lagu Baru Mocca Yang Terinspirasi Dari Mainan!

6. Masih

Kembali dengan ballad dan nada-nada mellow khas Maudy, “Masih” bercerita tentang kerinduan akan seseorang yang tampaknya telah lebih dahulu bahagia setelah berpisah. Hati-hati dan jangan dengar lagu ini ketika baru patah hati, dijamin kita bisa langsung banjir dengan air mata karenanya. “Tapi sepertinya kamu bahagia tanpa diriku, walau diriku masih…”

7. We Don’t (Still Water)

Lagu ini merupakan hasil kolaborasi dengan Teddy Adhitya dan ditulis serta dinyanyikan dalam bahasa Inggris. “Still Water” terdengar jadi lebih manis dengan sentuhan musik akustik ala Teddy yang kerap dibawakan dalam lagu-lagunya. Lagu ini bercerita tentang pasangan yang kerap kali bertengkar dan melalui berbagai masalah. Namun, pada akhirnya mereka tetap kembali bersama lagi. “You’re my reflection in still water…”

8. Alasan Untuk Bahagia

“Alasan Untuk Bahagia” dinyanyikan dengan nada-nada upbeat dengan tempo sedang. Feel yang didapatkan ketika mendengar lagu ini kurang lebih sama dengan ketika mendengar “Kini dan Selamanya”. Lagu ini terdengar sangat pop dibandingkan lagu-lagu lainnya. “Alasan Untuk Bahagia” bercerita tentang banyaknya alasan untuk berbahagia di hidup ini.

9. Be Right Back

Lagu ketiga dalam album ini yang ditulis dan dinyanyikan sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Lagu ini kental dengan petikan gitar yang terdengar di sepanjang lagu ini dinyanyikan, memberikan kesan pop-country yang padu dengan suara Maudy. “Be Right Back” bercerita tentang seseorang yang pergi, tetapi berjanji untuk kembali lagi kemudian. “It won’t take forever, I’ll be going back to you.”

10. Satu Bintang di Langit Kelam

Ballad milik Maudy yang satu ini merupakan salah satu lagu original soundtrack (OST) dari film “Trinity, The Nekad Traveler”. “Satu Bintang di Langit Kelam” memiliki lirik yang penuh dengan kalimat-kalimat metaforis sehingga cukup sulit untuk memahaminya. Lagu ini kurang lebih bercerita tentang cinta bertepuk sebelah tangan pada seseorang yang sederhana.

11. Jakarta Ramai

“Jakarta Ramai” sendiri merupakan single Maudy yang telah dirilis pada tahun 2016 lalu. Dalam penggagasannya, Maudy dibantu musisi senior Tohpati sehingga menghasilkan lagu tentang ibukota ini. Lagu bernuansa pop ballad ini terinspirasi dari ekspresi orang yang lalu lalang di tengah Jakarta, di tengah kemacetan ibukota. Maudy bertanya-tanya apa yang sedang mereka pikirkan dalam diam padahal mereka sedang berada di sebuah keramaian.

Nah itulah tadi review album Oxygen milik Maudy Ayunda yang totalnya berisi 11 lagu, yang mana lagu favorit kamu?

By Kezia Maharani

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share