5 Tips Cover Lagu di Instagram Dari Para Creator! Oh Ternyata Gitu Toh!

Share

Buat kita yang suka nyanyi atau main musik, salah satu cara untuk menyalurkan hobi kita adalah dengan nge-cover lagu! Ada banyak macam media sosial yang sering kita jadiin wadah untuk membagikan hasil cover-an kita, salah satunya yang paling sering digunakan sekarang adalah Instagram!

Sering-sering buat cover, tapi kadang ternyata hasil cover-an kita nggak sesuai sama keinginan dan akhirnya kadang terpaksa kita delete dari Instagram kita. Nah, Mousaik punya tips-tips buat nge-cover nih! Tenang aja, tips-tips ini datangnya dari ahlinya, lho! Yuk cari tahu apa aja tips Cover Lagu Di Instagram!

Vanessa Victoria Saputra (@vsvanessavs): “Pilih lagu yang disuka!”

Udah punya lebih dari 3 ribu followers di Instagram, pemilik akun @vsvanessavs jadi ‘tukang’ cover pertama yang memberikan tips buat ngecover, nih! Menurut perempuan yang akrab dipanggil Nessa ini hal pertama yang harus kita ketahui sebelum ngebuat cover lagu adalah kita harus suka sama lagu yang mau kita cover! “Kalo menurut aku lagu yang kita suka pasti lebih enak kita bawain juga sih,” kata Nessa.

Jadi, nggak usah ribet-ribet belajar lagu yang baru banget rilis, coba dulu aja cover lagu kesukaan kita dari dulu sekalian throwback. Menurut Nessa, kalau kita suka sama lagu yang kita bawain, pasti kita akan lebih nyaman bawainnya, karena kita juga udah ngerti arti lagunya apa. Jadi, udah punya pilihan lagu kesukaan?

Christian Ama (@amatoge): “Kasih sesuatu yang beda”

Tips selanjutnya datang dari seseorang yang udah main saxophone sejak tahun 2014! Christian Ama! Punya lebih dari 30 ribu followers di Instagram, Ama sering cover lagu pakai saxophonenya, sesekali juga Ama sering nyanyi, lho! Makanya tips yang dikasih Ama buat kita yang mau ngecover adalah untuk “Kasih sesuatu yang beda!”

“Kenapa harus beda? Karena kita cover tujuannya buat bawain lagu orang lain dengan cara kita, jadi harus beda,” kata Ama.

Selain supaya bisa jadi unik, ngecover dengan sesuatu yang beda juga bisa buat kita ngebangun brand image kita sendiri, lho! Jadi orang-orang bisa lebih cepet ingat sama hasil cover-an kita, kayak hasil cover-an Ama yang gampang diingat karena ada tambahan saxophonenya!

Aryasaji (@aryasaji): “Nggak maksa main yang susah”

Kalau Ama tadi main saxophone, pemilik akun Instagram @aryasaji ini main gitar akustik! Udah punya lebih dari 1000 followers di akun Instagramnya, Arya sering banget cover lagu diiringi petikan gitarnya. Udah tahu susahnya samain konsentrasi antara nyanyi dan main gitar, tips yang dikasih sama Arya adalah, “Nggak maksa main yang susah padahal belum rapih.”

“Lumayan banyak yang suka cover tapi jadinya nggak rapih, ‘belum aman’ buat main lagu itu. Kasarnya, jadi maksa. Sarannya bedain latihan sama tampil, sih,” kata Arya.

Baca Juga: Inilah Cover Lagu Dari Soundtrack Dilan Yang Unik, Dari Mulai Biola Sampai Saxophone!

Nah, jadi, persiapan yang matang dengan latihan dulu sebelum ngerekam cover harus diinget, tuh! Karena dengan ngecover dan mengunggahnya ke media sosial kan berarti kita menampilkan penampilan kita kepada followers kita, jadi banyakin latihan ya, guys!

Yehezkiel (@kiellrp): “Sediakan mic dan kamera yang bagus”

Nah, sekarang kita ngomongin tentang hal teknis, nih! Menurut pemilik akun Instagram @kiellrp, mic dan kamera adalah hal yang krusial yang harus kita siapin kalau mau cover. Udah punya 2500 lebih followers, menurut Kiel kita harus, “Sediakan mic dan kamera, nggak usah yang terlalu mahal, yang penting bagus untuk rekam.”

“Kenapa mic dan kamera? Karena supaya suaranya bagus, kalau nggak pakai mic mungkin suaranya akan kurang jelas dan biasanya musiknya yang jadi mendominasi, bukan suara kita. Terus Kamera itu penting juga supaya pencahayaannya bagus, dan juga supaya gambarnya nggak pecah kalau mau di-upload,” kata Kiell.

Nggak punya mic atau kamera? Menurut Kiell hal itu nggak masalah! Kalau kita punya kualitas kamera HP yang baik, itu udah cukup, lho! Mungkin untuk audio kita bisa pakai mic dari headset kita! Jangan lupa untuk selalu lihat hasil gambar dan dengar hasil suaranya, ya! Jangan sampai followers kita akhirnya ngedenger suara yang jember dan gambar yang buram.

Jonathan Roganda (@jorog): “Konsisten!”

Kalau udah rekam video atau suara cover-an lagu kesukaan kita, tinggal di upload, deh! Nah, kalau sudah di upload, tips selanjutnya dari Jonathan Roganda atau pemilik akun Instagram @jorog, yang udah punya lebih dari 15 ribu followers harus jadi satu hal yang kita ingat, nih! Menurut Jonathan, kita harus, “Konsisten!”

“Konsisten, konsisten itu penting, kalau nggak konsisten nanti bakal ditinggal orang, ditinggal sama followers kita. Tapi kalau kita konsisten, pasti kita bakal maju terus!” kata Jonathan.

Jadi, kalau udah cover sekali dan dapet respon yang bagus dari followers kita, jangan lupa untuk nge-cover lagi, ya! Nggak mau kan di unfollow karena jarang memberikan apa yang dimauin sama followers kita?

Nah, gimana? Jadi udah siap untuk ngecover kan? Jangan lupa untuk pakai hashtag #Coversaik di video cover kalian, ya! Selamat mengcover ria!

By Analuna Manullang

Mau terus Update perkembangan Musik Indonesia terkini?

Yuk, Gabung ke Komunitas Mousaik! Daftarkan diri kamu dibawah ini.
Jangan lupa juga untuk ikuti Mousaik di Media Sosial untuk mengikuti terus perkembangan musik Di Indonesia! 
Facebook   :  facebook.com/mousaik.id/
Instagram :  instagram.com/mousaik/
Youtube    :  youtube.com/Mousaik
Line            : @Mousaik

Music Video:

Share